Minggu, 22 Juni 2008


Pendrive Sense…Portable Hardisk

Saya berencana membeli External Hardisk untuk memback up smua file2 saya yang ada di laptop maupun yang ada di computer kantor. Laptop yang saya pakai selama ini akan dipakai oleh kakak sy yg akan menyelesaikan pendidikan Psikologinya di Makassar, oleh karena itu saya membutuhkan media penyimpanan yang berkapasitas cukup besar untuk memback up semua file2 saya yang sampai saat ini sudah mencapai 60GB. Untuk itu saya putuskan akan membeli Portable Hardisk, tapi merk apa?

Saat browsing di dunia maya,,sy mencoba memakai pertolongan Mbah Google untuk mencari Portble HD yang mungkin cocok untuk saya…akhirnya saya menemukan HD portable yang sy rasa cocok untuk saya dengan budget yang cukup terbatas.

Pendrive Sense,,ya,,itu merknya…Portble HD yang terdiri dari 3 pilihan kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan (120,160, dan 250GB). Kemudian sy cari di toko computer yang melayani penjualan secara online dan www.accgreenstar.com (rekomendasi dari salah seorang teman kantor) adalah salah satunya. Ternyata Pendrive Sense

dijual seharga Rp 622.000 untuk yang 120GB (sedikit lebih murah dari yang sy pikirkan, kira2 800rb-1jt ). Setelah medapatkan informasi yang cukup mengenai alat itu
(termasuk garansi 3 tahun yang diberikan oleh accgreenstar), sy putuskan untuk membelinya…bentuknya seperti gambar di atas..

Setelah mencobanya ke laptop, ternyata file systemnya menggunakan FAT 32 dan hal ini cukup membantu karena tidak perlu diformat lagi. Kapasitas yang 120GB, ternyata sempat membuat sy ckup kaget karena stelah sy cek propertiesnya hanya tersedia 111GB,,lha kok bisa? Yang 9GB nya kemana? Saya sempat panik dan berkata dalam hati “jangan2 sy ditipu…?”. Tapi setelah memperhatikan secara seksama,,Alhamdulillah sy jadi sedikit tenang,,,sy baru ingat ternyata 111GB itu adalah kapsitas yang dibaca setelah dikonversi dengan angka biner(Binary digit) yaitu 1MB=1024Kb,,,jadi kapasitas yang tersedia sekitar 119,…GB

Melihat tampilannya yang cukup menarik,,sepertinya sayang jika bodynya sampai lecet,,anda bisa menilai sendiri jika melihat gambar di atas…

Selama 1 minggu body portable HD ini tidak terlindungi karena sy tidak punya waktu untuk mencari sarung yang cocok untuk nya. Tapi saat saya ke mangga dua..hehehe..dengan niat membeli casing untuk hp sy,,sy liat sarung hp yang bentuknya hampir sama dengan Pendrive Sense punyaku,,kebetulan aku juga membawa Pendrivenya dan sy coba,,eh, tau2 cocok dan fit di bodynya..seperti gambar di atas..

Pendrive ini dihubungkan via kabel USB ke PC/laptop. Terdapat 2 lampu indicator pada alat ini yaitu lampu yg berwarna merah dan hijau muda. Lampu yang berwarna merah akan menyala jika alat ini terhubung dengan benar sedangkan lampu yang hijau muda akan menyala/berkedip2 jika content HD sedang dibaca/mencopast file/mensave file langsung ke dalamnya….

Pendrive Sense juga dilengkapi dengan software untuk melakukan back up terhadap file2 kita, synchronize file, Microsoft outlook, Security setting,,dan lain2. “Carry it Easy +Plus” dapat didownload di www.penzoft.com dan product key nya bisa kita dapatkan di balik kartu yang menyertai Pendrive Sense di dalam box…


Sejauh ini sy belum menemui kesulitan/kelemahan dalam menggunakan alat ini karena keinginan sy memiliki alat seperti ini hanya untuk sy gunakan sebagai penyimpan data dalam kapasitas yang cukup besar (bagi saya)…

Sekian dulu sedikit ulasan sy mengenai Pendrive Sense…mungkin jika ada waktu luang lagi…saya akan posting tambahan dari posting ini…


1 komentar:

Unknown mengatakan...

duh...promosi layang-layang lagi....